Tuesday 4 August 2015

Libur Lebaran 2015 (Part I)

Assalamualaikum warohamtulahi wabarokatuh

Langsung aja Fellas... aku mau ngeshare tentang liburan aku beberapa waktu lalu ketika pulang kampung. Kampung aku tepatnya itu di Payakumbuh, Sumatera Barat. Aku ini keturunan Minang :D, Ibu orang minang, Papa pun orang Minang. Yang berbeda, dulu Papa besar di Pekanbaru bersama Ibu dan Ayahnya yang juga keturunan Minang. Biarpun darah minang melekat, aku lahir dan besar di Pekanbaru. Maklum, orang minang kan dikenal suka merantau gitu. Yaudah aku pun tinggal di Kota bertuah Kota Pekanbaru. Udah tradisi keluarga dan mungkin keluarga lainnya juga bahwa tiap tahun bakal pulang ke kampung halaman tercinta.

Tepatnya aku cuma lima hari pulang-netap-balek di kampung. Hari Jumat sore tanggal 17 aku on the way ke kampung dan baru tiba tengah malam. Hari pertama dan kedua di kampung full istirahat dan berlebaran ke rumah saudara. Seninnya baru capsus pergi jalan-jalan. Awalnya ada beberapa target liburan ke tempat wisata terkenal di Sumatra Barat. Pertama, pergi ke pantai cerocok  Painan dan nyebrang ke pulau cingkuak yang terkenal dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Kedua, pulau angso duo yang terkenal dengan pasir putihnya juga. Ketika, pulau pasumpahan dekat dengan kepulauan mentawai. Yaa.... kenapa pantai dan pulau semua?? Karena terget wisata kali ini ya menghabiskan waktu bermain ria di pantai. Pengen liat baru karang, pengen liat pasir putih, pengen liat air laut yang jernih dan biru, pengen berenang, pengen naik kapal boot, pengen menikmati angin laut yang lembut. Pokoknya itu request ke Papa tempat jalan-jalannya :D

Kami pun akhirnya cuuuussss hari senin jam enam pagi pergi jalan-jalan, keputusan pun akhirnya ke cerocok saja :D Pulau angsa dua masih bingung dan gak terlalu tau tempatnya, takutnya malah tersesat pula. Pulau pasumpahan terlalu ekstrim karena dekat dengan kepulauan mentawai yang ombaknya ganas dan sering terkena gempa gitu. Makanya pilih ke cerocok yang aman meskipun juh empatnya :D sebelumnya pernah ke cerocok, cuma gak sempat main-main dengan puas kerena di jalan kena macet dan tibanya dah kesorean hingga gak bisa ke pulau cingkuak :( sebenarnya Papa paroh hati (setengah hati) juga mau ke cerocok Painan lagi. Mengingat bakal lama di jalan dan Ibu lagi hamil pula. Cuma anehnya Ibu ni semangat pula mau pergi -,- kemana diajak mau banget :D

Ketika tiba di Lembah anai, kami pun sekeluarga menyempatkan diri makan lontong di pinggir jalan, karena belum ada yang pada sarapan ketika berangkat jam enam pagi itu. Cuma bawa cemilan pengganjal perut aja dari rumah. Sekitar jam 8-nan baru lah kami sarapan pagi. Cihuuuuuyy enaknyaaa....

Sekitar jam sepuluh pagi kami sampai di Padang, ngambil jalur Padang-Painan. Sedang asyik-asyiknya perhatiin papan hijau penunjuk jalan, mata Ibu teruju melihat arah Pantai Air Manis. Terus ibu nanya deh ke aku, “Pantai Air Manis itu gimana La?” Ya aku jawab, “Pantai Air Manis tu kata temen Lela pantai tempat batunya Malin Kundang.” Sontak si Mamat adik aku yang laing bontot minta mampir dulu kesana, bujuk-bujuk Papa buat singgah bentar liat batu Malin Kundang si anak durhaka. Jujur emang belum pernah kami semua liat batu malin kundang di Padang ini. Yaudah deh, akhirnya setelah bujuk Papa beberapa saat, akhirnya Papa mau mampir.

Jalan mau masuk pantai air manis ini cukup ngeri menurut aku, jalannya kecil, tikungannya tajam dan juga sekeliling itu tebing. Kami sekeluarga sempat tegang-tegang di mobil. Pas pula adik aku si Fatimah yang baru pandai bawa mobil ini yang bawa. Iyaaa... si Fatimah udah lancar aja dia bawa mobil, padahal aku yang pertama kali diajarin cuma kagak pandai-pandai, kena tapok terus ni jidat sama Papa karena gak pandai --“

Balik cerita soal pantai, rencana bakal singgah sebentar buat liat ini batu malin kundang. Tapi malah keenakan di pantai. Hihihi.

Pantai Air Manis, Padang.

Pose duluu :P

Bersama adik-adik

Ibu dan Papa

Untuk nemanin kami duduk-duduk di pinggir pantai, kami pun memesan kelapa muda yang seger abis.
Hilangin dahaga bener apalagi dikasi es gitu :D
setelah itu duduk-dudk sambil foto-foto dan liatin si Mamat dari jauh main di bibir pantai.

Dedek bontot Kakak ({})

Sibuk nguras isi kelapa :D

Nah, itu diaaa.... cuma asik minum air kelapa sambil foto-foto nikmatin pemandangan pantai bersama keluarga dulu. Hehe...Ceritanya bersambung ya di entri aku selanjutnya niih... Don't miss it!! Wassalam :))