Kamis, 24 Oktober 2013

Karakter Manusia yang Aku Kenal

Assalamualaikum Sob, di malam yang gelap bertemankan hembusan dinginnya AC kamar ini, aku akan sharing tentang karakter oleh orang-orang yang aku kenal. Yap, mungkin sebagian orang menganggap kalau karakter orang itu tidak terlalu penting, asalkan kita nyaman dan senang di dekatnya, itu udah bentuk suatu modal untuk kecocokan dan terbentuknya suatu hubungan.

Tapi karakter yang ingin aku bilang hanya sekedar karakter dalam berbicara yang ada disekitarku yang aku rasakan dan aku perhatikan. Yok let's go, ini nih karaketnya,

1)Ada orang yang suka banget bicara  lalu kita dengarin, eh pas giliran kita bicara dia acuh dan gak respect. Menurut Sobat ini nyaman gak? susah-susah kita ngomong tapi dianggap angin lalu. Kurang mengahargai gitu. Memuakkan dan rasanya nge-down gitu.

2) Ada orang yang bicara tapi whatever lah ama pendengarnya ngerti atau tidak. Dia tahu kalau apa yang ia katakan gak masuk dalam pikiran kita, dia tahu kalau kita gak tahu menahu soal apa yang ia ceritakan pada kita, namun dia terus ngajak kita bicara. Sumpah itu ngeselin kali, nanti kalau kita gak mau dengerin nanti malah dibiang kitanya gak menghargai orang.

3) Ada orang yang ngajak kita bicara padahal kita lagi fokus pada suatu hal. Pikirin deh! misalkan kita lagi sibuk memperhatikan pelajaran, eh dianya ngajak ngomong, maksa pula lagi. Please, don't disturb me! Sangat mengganggu banget kan?

4) Ada juga orang yang ngajak kita berbicara tapi pandangannya tu lain banget, kayak memperhatikann sesuatu gitu diwajah kita. Sumpah aku paling jijay sama tipe karakter yang begini. Helloooo....lu kira wajah ini pemandangan apa yang bisa lo nikmatin dan lo perhatiin sebegitunya....hahhaha

5) Ada juga tipe orang yang suka bicarain tentang dirinya. Dia menganggap dia adalah salah satu manusia yang paling susah hidupnya di belahan Bumi ini, namun kalau berbicara suka berbesar hati, tegar dan sabar dalam menghadapi cobaan, tapi pada kenyataannya yang dibicarakannya itu lama-lama lebih seperi kesan sombong, angkuh dan nyebelin.

6) Ada orang yang kita ajak bicara tapi jawabannya kalau gak "hhmm" ; "mungkin" ; "iya" ; dan kata-kata simple lainnya. Muak betul kalau lawan bicara cuma tanggapin kayak gitu, gak ada semangat hidup bicara     sama dia.

7) Ada juga pas kita lagi asyik-asyiknya bicara terus ada yang tiba-tiba motong pembicaraan kita. Iiiiiiiiihhhhh, rasa mau aku tekeek nih kepala orangnya, jahat dan tega banget sih jadi orang.  Tau donk gimana perasaan orang jika kita lagi ngomong tapi di stop-in.

Nah, mungkin itu tipe-tipe karakter orang jika berbicara sesuai versi yang aku perhatikan dalam kehidupan aku, mungkin masih banyak lagi Sob, cuma aku gak terlalu ingat lagi. Dan sepertinya rasa kantuk ini sudah mulai menerpa. Awalnya tulisan ini hanya ditulis untuk pelepas rasa yang dari tadi tidak bisa tidur-tidur, daripada waktu terbuang buat hal yang gak penting mending menulis yang bisa menjadi bahan referensi hidup orang banyak, ya Gakk?? hehhe... mungkin itu saja.Wassalam Sobat, Good Night, have a nice dreams :*

Kamis, 17 Oktober 2013

Shopping Dadakan Bareng Hasna, Hikmah, dan Zura.

Assalamualaikum Sobat, aku kembali lagi dengan cerita seru nih, seru bagi aku sih. Gini loh ceritanya, habis belajar tentang metode studi islam kan seperti biasanya kami akan belajar aqidah, mumpung  lagi kosong mata kuliah karena dosen ada pelatihan di Islamic Centre, yaudah... aku, Hasna, Hikmah, dan Zura membuat planning yang kocak Sob...hehe.

Yap, mumpung masih jam 10 pagi, kami bikin rencana mau keliling kota dan mau ketemu sama bule naik bus trans metro, haha. Ya ini perdananya juga naik trans metro yang baru, ya terpaksa deh motor aku dan Hasna harus ditinggal di Fakultas. 

Akhirnya setelah belanja di kantin kami langsung pergi jalan kaki menuju halte yang ada di depan PKM. Ternyata cerita-cerita selama di bus seru juga,dingin iya juga karena busnya pake AC. Si Zura juga keenakan cerita sama stokar TM karena satu daerah, yaitu sama-sama orang Medan. Aku, Hasna dan Hikmah cuma bisa dengarin dan kadang-kadang tertawa.

Tapi selama di perjalanan planning kami di amandemen, hehe.... ya rencana diputar 360 derajat yaitu pergi shopping ke Ramayana...wkwkwkwk. Yap, kami akhirnya sampai di dupa, karena mau ke Ramayana jadi harus transit dulu dan tunggu bus berikutnya. Selang beberapa detik bus yang akan kami naiki datang. Nasib berkata lain, busnya penuh dan kami harus relain berdiri diantara orang yang banyak. 

Yang kacaunya, ternyata tempat pegangan tangan itu loh, tinggi amat, tangan aku gak nyampai. Terpaksa aku gandengan sama Hikmah biar nanti gak jatuh, hihi... Selama kami berdiri, kerjaan kami cuma ketawa-ketiwi. Ya karena bus ini sering sekali ngerem, yaudah jadi sering oleng dan hampir tumbang, mau gimana lagi, kami ini pendek-pendek, tempat pegangan tak sanpai, apalagi coba??....hahha.... Sayangnya untuk ketemu dan ingin bicara langsung sama bule harus kami tepis. Kami ada nampak beberapa bule di bus transit ini. Tapi karena penuh yaaa mana mungkin dapat saling talking.

Akhirnya sampai di Ramayana, yeyeyyeye. Kami mau beli baju dan rok untuk ngampus nih.... AAAAAaaaa, shopping is our life, hehehe. Tempat yang kami tuju untuk pertama kali adalah lantai neraka, alias lantai dasar yang terkenal super duper panas apalagi kalau mati lampu. Lantai dasar biasanya tempat barang-barang dijual dengan harga yang relatif lebih murah jadi kami akan ke lantai dasar dulu.

Karena di lantai dasar kami tak menemukan apapun. Kami beralih ke lantai atas yang relatif lebih dingin dan sedap kalau dipandang. Namun kerjaan kami hanya mondar-mandir masuk toko keluar toko dan membuat si penjual kecewa, lantaran chacha mau beli tapi gak jadi beli, hehehe

Taaaraaaa..... di lantai atas kami tak menemukan apapun karena harganya pada MAHAAAAL!! yap, anak kampus mah uangnya gak banyak-banyak, ini aja shopping dadakan. Ya mana ada bawa hepeng. Kami kembali ke lantai Neraka, hahhaa... mondar-mandir hilir mudik, kami pun kecantol dengan baju shiffon warna hijau pastel. AAaaaa...aku suka hijaunya, aku mauu.... langsung deh kami lihat. Aaaaaa... ternyata ada roknya juga yang warna hijaunya lebih keras, cocok banget dah, pokoknya aku mau beli.

Setelah ditanya harganya antara baju dan rok ternyata harganya lumayan mahal juga. Tapi ini lantai dasar bro, bisa jatuhin harga juga nih alias bisa nego, hihi. Setelah sepakat harga dengan berbagai pro dan kontra juga beradu argumen,wkwkwkwk.... aku pun membelinya, siihiiiiyyyyy baju baru....hehehe.

Akhirnya aku dapat baju baru, hehe. Setelah itu kami pun keliling lagi dan Hikmah dapat rok warna ungu. Keliling lagi ternyata si Zura nyerah cari rok, Zura kecantol pengen beli celana jeans. Aku dapat 1  stel baju dan dapat juga tadi jilbabnya sekalian, Hikmah dapat rok, Zura dapat celana. Hasna kagak belanja dia, Hasna gak tau dia mau beli apa. Katanya dia hanya bisa belanja kalau sama ibunya, hehe, dasar anak ibu si Hasna. 

Setelah belanja terus keliling-keliling biasanya apa yang akan dirasakan??? betul sekaliii.... kami lapar banget Sob, perut udah kayak genderang yang mau pecah, sumpah lapar banget. Kami sampai harus memutari setengah dari luas ramayana ini untuk makan sate, request aku kepada teman-teman nih. Tapi, apa yang tejadi? ternyata tempat satenya tutup.

Eh, tenyata beberapa ruko disamping sate ada rumah makan juga tuh yang nyediakan sate. Kami pun kesana,beberapa saat setelah sampai Hasna bilang, "Woiii, aku lapar kali ha, aku mau pesan nasi goreng, sate gak cukup nanti do."

Yap, ternyata tujuan awal yang makan sate berubah menjadi makan nasi goreng. Kami semua akhirnya makan nasi goreng special, hehhee. Wessssss.... enak kali nasi goreng nya loh. Lengkap dan maaknyoooosss banget.

Setelah selesai makan, akhirnya kami pulang, alias balek lagi ke kampus. Motor kan ditinggal di kampus toh, jadi harus balek ke kampus dulu. Keasyikan cerita di bus, akhirnya kami sampai di kampus. Ternyata gerimis hujan telah jatuh ke permukaan bumi kampus kami. Singkat cerita, hujan gerimis ini mengakhiri cerita bersama dengan tema Shopping dadakan. Hehehe..... 

Itu saja Sob yang aku post hari ini. Mudahan-mudahan bakal terulang kembali Shopping dadakannya, Wassalam. :))


Minggu, 13 Oktober 2013

Workshop KREASI

Assalamualaikum :)
Sob, aku mau cerita soal kegiatan hari ini dikampus, hehe. Pokoknya seru dan panitianya gokil abis. Sudah dua hari ini di kampus ada workshop KREASI( Kreatifitas Karya Komunikasi) untuk pelatihan festival film dokumenter yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Agak ngeselin juga karena yang datang sedikit, habisnya udah banyak yang pulang kampung karena udah liburan Idul Adha. Ya udah deh, selamat Idul Adha bagi teman-teman yang telah berada di kampung.

Selama workshop mulai dari teknik kameramen, editing dan script diajarkan diworkshop. Yang aku ikutin hanya kameramen dan script. Banyak ilmu yang aku dapat dan semakin membuatku semangat setelah mengikuti workshop ini.

Sumpah tadi itu aku merasa eksis banget, soalnya ada beberapa kali maju kedepan gitu , haha.Apalagi pas di suruh nyanyi ke depan bareng Kak Dadang kalau gak salah namanya. Jelas aku gak pandai nyanyi dan udah melas-melas gak mu maju ke depan, tapi akhirnya maju juga kedepan. Sumpah malu kali, udah suara jelek, gak kedengaran, duuhh, parah lah pokoknya. Tapi suara Kak Dadang mah, keren abis, kayak penyanyi profesional, meleleh dengarnya.hihi.

Terus Sob, aku juga maju kedepan bacain salah satu pantun aku untuk KREASI yang disuruh buat sama kakak panitia, ini dia....

Kami belajar dari hati
Untuk dapat ilmu sejati
Kami bangga ikut KREASI
Untuk mengasah kemampuan diri

Gimana Sob, bagus gak pantun aku? Yaaa, walaupun tadi gak dapat award sebagai pantun yang disukai peserta,tapi aku tetap senang kok karena maju ke depan terus  dapat ini nihh...

Stiker... aku dapat banyak stiker yang keren-keren abis about KREASI
dan Komunikasi. Bisa nih untuk nempel-nempel...
Ada yang mau?? hehe

Next Sob, terus ada materi yang dibawakan langsung oleh Pak Sodiq yang ahli dibidangnya. Oh iya aku mau cerita sedikit boleh ya? Pak Sodiq ini alumni UIN SUSKA juga dan udah jadi orang yang berhasil dan melahirkan banyak karya-karya yang sering juara di bidang perfilman. Pak Sodiq katanya juga ngajar di UIN SUSKA dibidang broadcasting. Keren, bangga deh bisa punya alumni kayak kang Sodiq, walaupun awal pertemuan ketika lihat Pakk Sodiq aku lihat mirip Ki Joko Bodo... wkwkwkk.... Pak Sodiq *peace, just kidding. heheehe


Yang paling mengena dihati ketika belajar mengenai script sama Pak Sodiq adalah ketika Pak Sodiq menyuruh semua peserta untuk membuat suatu ide cerita dikertas kecil yang telah dipotong-potong. Soalnya yang paling penting dalam membuat script itu adalah ide, ide yang unik, menarik dan langka.

Setelah diberi potongan-potongan kecil kertas, para peserta diminta sama Pak Sodiq untuk membuat ide cerita dikertas yang telah dikasih. Boleh judul, cerita singkat tentang gambarannya atau yang lainnya. Ketika semua telah dikumpulkan ada beberapa ide yang mungkin menarik perhatian Pak Sodiq kemudian dibacanya.

Aaaaa... aku terkejut, ternyata ide aku masuk diantara yang dipilih itu terus dibacakan Pak Sodiq. Aku senang baget dah pokoknya.

Terus Pak Sodiq ternyata menantang kami untuk buat sinopsis atau gambaran singkat tentang ide yang pertama kali kita buat dengan waktu 10 menit. Yaaa... aku bingung gak tau mau buat apa.Yang aku lakukan pertama kali yaitu makan, mumpung kue yang disediakan belum dimakan, hehe. Awal pertama hanya jadi satu paragraf kemudian melamun, terus pas detik-detik terakhir akan dikumpulkan baru aku buat cerita selanjutnya dengan kecepatan tangan dewa...hahahaha

Setelah dikumpul kemudian Pak Sodiq memilih tiga cerita dengan  sembarang dan tak melihat terus yang terpilih diminta untuk menceritakan ceritanya. Setelah semua cerita selesai di ceritakan tak disangka-sangka judul cerita aku disebutkan pula dan diminta untuk diceritakan. Aaaaaa....aku malu dan takut jelek, tapi Subhanallah kali cerita aku diminta untuk diceritakan dan diperdengarkan untuk semua. Berikut tulisan aku ketika bikin gambaran ceritanya Sob.
Ini dia fotonya! Gak jelas ya?

Berikut isinya:

Anak Nelayan Ingin Jadi Pilot

Berteman dengan ombak,peralatan nelayan dan seorang Ayah. Ditengah hamparan laut biru yang luas terukir sebuah impian yang mungkin akan sulit untuk diraih. "Aku ingin jadi pilot, Ayah," keluar ucapan yang seketika membuat raut wajah sang Ayah berubah menjadi sedikit memelas dan tak berkata apapun.

"Aku tak ingin hanya melihat langit. Aku ingin mengudara diantara langit dan mungkin melewati langit" kata-kata itu ia tancapkan didalam memori otaknya sebagai arah kiblat untuk mewujudkan impian.

Dari bekal restu, tangisan keluarga. Sang anak yang belasan tahun itu pergi meninggalkan kehidupan nelayan dan pergi mengembara ketempat yang akan mewujudkan cita-citanya. Tak disangka, akibat dari kepiawaian sang anak dalam bergaul ia direkrut menjadi seorang tentara amatiran berkat dari tubuhnya yang kekar, tinggi dan tanguh.

Disinilah cerita impian itu dimulai. Pengorbanan, kegusaran, ketakutan pasti akan mengiasi kehidupan sang anak yang beranjak dewasa.

Pasti Sobat pada bingung, apa hubungan pilot sama tentara? Yang aku maksudkan disini bukan pilot pada maskapai penerbangan kayak Garuda, Lion Air, dkk tapi pilot pesawat tempur yanng keren abis itu loh.hehe

Mau tahu gak Sob fakta ketika aku baca ide ceritaku ini? Walaupun gambarannya gak terlalu memuaskan aku, tapi pas disuruh baca sama Pak Sodiq aku rada deg-degan gitu terus pas menceritakannya agak sesak napas gitu hehehe dan ketika aku selesai membacanya dan mengangkat kepala aku tersentak karena semua orang yang ada pada workshop itu bertepuk tangan yang meriah. AAAaaa.... sungguh alhamdulillah dan subhanallah banget, udah lama sekali rasanya aku gak dapat tepuk tangan yang semeriah itu, aku lihat orang-orang juga banyak yang menyunggingkan senyumannya kepadaku. Makasih ya Allah udah buat aku senang hari ini. :*

Ya, itulah sedikit ide gambaran ceritaku ketika workshop bareng Pak Sodiq. Walaupun kata-kata dan intisarinya masih belepotan, acak-acakkan dan penuh coretan, yaaa itulah yang namanya belajar dan kepepet dalam menulis. Sebenarnya banyak ide yang terkembang didalam pikiran ini ketika akan menulis, ya karena waktu yang membatasi itulah hasil dari tulisanku.

Nah, itu saja yang dapat aku tulis, ikutin terus setiap postinganku, mudah-mudahan dapat diambil pelajarannya walau cuma dikit. Sekian dari saya... 

Wassalam, salam manis dari sayaa :))

Sabtu, 12 Oktober 2013

...-am

Dari malam kemalam
Tak niat kuarungi bahtera kelam
Kan usaha ku menyelam
Tapi tak menyelam dalam geram
Tuhan, jangan berikan aku garam
Yang membuat aku semakin karam
Berilah aku sedikit  Qalam
Agar aku bisa damai dan tentram
Kini, Gejolak naluriku meredam
Tapi hilang timbul mengetam
Menghantui, membuatku takut dan seram
Kulihat, dikanan ada peredam
Tapi dikiri ada pendendam
Apakah ini nafsu jahannam?
Mataku memeram
Tapi dihati ada yang mengancam
Ah, hati ini terasa kalut dan padam
Dimana lagi kan kucari cahya malam
Aku merasa hidup ini semakin tajam
Semua ini  terlihat kejam
Lama-lama jiwa semakin naik pitam
Tolong, bantu hasrat yang terkecam

Boleh dibaca tapi jangan di copy paste! Ok..... hilangkan sifat plagiat dan buat kreasimu!! :))


...-ak

Akal pasti terhenyak
Mungkin langit tak lagi berpihak
Hasrat ingin menginjak
Menginjak duka yang tak enak
Enteng saja ia mengoyak-ngoyak
Apa mungkin ia tak punya otak?
Seenakknya menebar minyak
Mati rasa jiwa raga dilenyak
Kau siapa?
Tuhankah?
Malaikatkah?
Ah, rasanya seperti dikejar badak
Badak hitam yang dilumuri bedak
Sebaiknya kau bertobat dan bergerak
Jangan tinggalkan lagi bercak
Hilangkan dentuman hentak
Halau kelakuan bentak
Dan jangan menghasilkan lagi kerak
Buatlah lagi perilaku perak
Yang menghasilkan corak...

Boleh dibaca tapi jangan di copy paste! Ok..... hilangkan sifat plagiat dan buat kreasimu!! :))



Awal Masuk MAN 2 Model :D :'(

Assalamualaikum,
Hai hai.... :D mketemu lagi, kali ini aku akan mengajikan langsung pertanyaan yaitu menurut Sobat, kenangan apa yang paling indah dan tak terlupakan? pasti semua pada jawab ambil bersorak,"kenangan putih abu-abu".Hahaha.... Yapp kali ini aku kan menceritakan tentang masa-masa indah yang pernah terangakai indah dihidupku yakni ketika masa-masa SMA, tapi aku dari MAN, jadi aku bakal bilang masa-masa MAN aja yah, walaupun kedengaran aneh --"

Ini dimulai ketika aku duduk dibangku MTs, setiap orang jika ingin masuk SMA/MAN pasti akan masuk tahap SMP/MTs terlebih dahulu. Ini kisahnya, awalnya aku begitu sedih yang mendalam, karena aku gak diterima masuk SMP Favorit yang aku inginkan. Dan orangtuakupun memasukkan aku ke sekolah yang menurut aku sekolah itu,,yaaa pokoknya aku gak suka sekolahnya. 

Semester awal aku jalani dengan hal-hal yang normal tak ada masalah. Tapi disinilah skenario Allah dimulai. Ketika pembagian rapor MID Semester pertama, hal yang tak disangka-sangka aku mendapat peringkat satu dan itu sungguh membuat aku tercengang,walaupun nilainya juga gak bagus amat. Tapi ada rasa yang bergejolak didalam hati.

Begitulah setiap semester, aku selalu mendapat peringkat pertama bahkan dapat menjadi juara umum tiga kali berturut-turut. Dari setiap segi yang kulihat, sebenarnya teman-temanku banyak yang lebih pantas mendapatkan peringkat yang lebih baik dibanding aku. Tapi aku rasa mereka hanya fokus disatu bidang dan meningalkan bidang yang lain. Itulah yang menjadi kendalamereka dan disinilah ujian untukku diterpa.

Kebanyakan dari mereka banyak yang memandang aku sebelah mata dan tak pantas mendapatkan apa yang ku dapat disekolah. Yaaa.... aku sadar aku tak bisa dibidang itu kalau bisa dibilang aku hanya orang menengah dibidang itu. Tapi aku berusaha untuk gak putus asa, cukup sudah aku mengecewakan orang tuaku, aku ingin berubah! Aku coba untuk lebih rajin dibidang yang lain dan aku sepertinya benar-benar menguasainya ditambah lagi aku punya beberapa guru-guru yang baik hati banget dan sahabat-sahabat yang setia ketika itu. Itulah sebabnya aku bisa mempertahankan gelar itu.

Sebenarnya banyak lika-liku yang aku jalani ketika MTs. Mulai dari soal pelajaran, guru, teman-teman dan sebagainya. Semua aku jalani dengan tekanan dan disaat itulah sepertinya Allah memberiku kemudahan dengan mengirimkan seorang pahlawan yang sering membimbingku disaat gundah dan menasehatiku disaat aku mendapat keberhasilan, dialah guruku Bu Elmarita, seorang guru agama yang selalu membimbingku dan membimbing teman-temanku. 

Tibalah akhir-akhir yang akan memisahkan... Ya, aku dan teman-teman pastinya akan memulai lingkungan yang baru lagi dan akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Atas saran orang tua dan teman, aku memberanikan diri tes disalah saru madrasah favorit di Pekanbaru. Awal-awal tes ketika ingin masuk semua kelihatan menakutkan, banyak sekali calon siswa baru yang mengikuti tes, soal  yang begitu sukar dan yang ada dibenakku saat itu, ya Allah...sebanyak inikah sainganku? terus ketika aku mengerjakan sola susah kali soalnya, apakah aku akan lulus? ya... aku sempat pesimis awalnya. Dan pulang kerumah dengan hati yang kusut. 

Kemudian apa lagi yang terjadi? yaaa, Allah kembali memberiku kejutan luar biasa yang tak terbayang olehku sebelumnya. Aku diterima masuk MAN 2 Model Pekanbaru. Salah satu sekolah madrasah terbaik di Pekanbaru yang ketika itu masih menyemat sebagai sekolah bertaraf internasional. Waktu itu ada sekitar 175 orang yang diterima dan aku diurutan ke-110. Aaaaa..... Alhamdulillah bisa masuk sekolah bagus dengan hasil sendiri atas dukungan dan kerja keras orang tua dan guru-guruku termasuk guru yang setia membimbingku  Bu Elmarita. Makasih bu, atas dukungan selama ini yang ibu beri, cuma ucapan ini yang bisa Laila beri, mudah-mudahan Allah membalas kebaikan ibu :'(

Apa yang Sobat rasakan jika semua kehendak ini terjadi pada Sobat? beeuuuhh, bukan kepalang bahagianya. Yaaa itulah yang aku rasakan. Sungguh indah kejutan yang Allah berikan padaku yang awalnya siapapun tak akan bisa menerka. Sebenarnya aku ingin menceritakannya panjang lebar kepada Sobat sekalian tentang masa-masa aku ingin menginjak bangku MAN. Tapi ada banyak hal lagi yang ingin aku bagikan selain ini. Tunggu postingan selanjutnya yaaa!!

Wassalam

Rabu, 09 Oktober 2013

Perencanaan Harianku Sekarang

Assalamualaikum Sobat sekalian. Sobat, akhir-akhir ini aku sering kewalahan akibat dari banyaknya pengeluaran daripada pemasukan. Tiap hari rasanya ada aja uang yang harus dikeluarkan. Emang gitu ya Sob? Perasaan aku tu bawa uang lebih terus dari rumah dikasih Ibu, eh pas pulang lihat isi dompet kosong melompong aja. Huuuuffttt.....

Itulah Sob susahnya kalau soal uang, kalau aja punya uang, habisnya bukan main cepatnya, giliran uang itu dicari,susah pula nyarinya. Jadi harus bagaimana? Ya gimana lagi, itu tergantung individu itu sendiri bagaimana cara me-menage uangnya agar lebih terarah keluarnya.

Gini ya Sob, kadang kalau misalnya aku lagi hitung-hitung uang. Eh, malah kayak ada yang hilang dan lenyap tuh dompet, seakan-akan aku berpikir ada tuyul atau babi ngepet yang menggerayangi isi dompetku. Alaaaaaaaaaaaahh...hehehe. Ya habisnya Sob, pas aku ingat-ingat lagi uang itu digunakan untuk apa aja, aku lupa...suueerr.

Dan apa solusinya sekarang buat aku? Ya, mumpung aku punya buku catatan cantik, aku membuat suatu tabel perencanaan. Semacam tabel pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Aku buat tabel disuatu note kecil. Jadi ketika mengisinya labih enak, hehe.

Aku mencoba membuat seperti itu biar aku lebih tahu secara rinci  keuanganku setiap hari dan insya Allah akan aku check sebulan sekali. Gimana Sob, bagus gak ide aku? 

Ide ini baru muncul kemaren malam. Sampai blusukan dikamar ketika aku mencari buku yang pas buat catatan keuanganku. Dan langsung aku bikin malam itu juga, walaupun awalnya agak sedikit ribet, lebel-lebel apa saja yang akan mau dibikin, sampai-sampai ada beberapa lembar kertas yang aku sobek.

Hmmmm.... sorry GOD. Sebenarnya bukan maksud aku mau membuang-buang kertas. Kalau salah ya mau gimana lagi. Sebagai seorang muslim sebenarnya kita gak boleh mubazir karena semua rezeki dari Allah itu harus dipakai dan digunakan sebaik mungkin sampai habis pakai. Mubazir itu sifat setan, gak mau kan dibilanng setan?? hihihi...

Oke Sobat, mungkin itu saja yang dapat aku infokan ke Sobat-sobat.Mudah-mudahan bermanfaat.... Aamiin

Wassalam

Selasa, 08 Oktober 2013

Aku disini

Aku
Akan tetap disin
Kau
Relakah langkah kaki membawa raga
Ke ujung sana?
Pikiran terbang
Berangan lepas
Hati meringkik berdecit ketus

Jangan enyah dari tempat
Tulang dan dagingmu tumbuh
Nostalgia keharibaanmu
Tertancap disini
Kau tahu
Tak banyak yang kembali
Rekatkan sajalah kakimu disini
Agar kehidupan tak tergilas
Kesenjangan dini

Relakah Bangka-bangka
Yang mengisi kekosongan ini?
Ini semakin bangir saha
Tak nampak lagi tunas-tunas kehidupan
Mrea terbawa angin ribut tak kembali
Pergi dan pergi
Merambah langit gemerlap nan bising

Bangunkan kembali negeri
Negeri mentari yang sempat redup
Aku disini
Tetap menanti...

Boleh dibaca tapi jangan di copy paste! Ok..... hilangkan sifat plagiat dan buat kreasimu!! :))

Ada Cerita dibalik AQUA

Ada  cerita di balik  AQUA buat aku… ini versi aku loh, ntah kenapa kalau nengok air mineral AQUA rasanya gimanaaaa gitu *pasti kelen mau bilang>>> idddiihh jijay dan lebay banget si lo.

Hehehe bukannya lebay baaay bay…Habisnya pas ngeliat AQUA aku dapat inspirasi untuk nulis hal aneh beginian. Tapi emang sesuatu loh, *langsung semua pada nyanyi lagunya Syahrini >> SESUATUUUUUU… yang ada dibenakku, sesuatuuuuuu…. Dah dah lanjutin lah lagu tu sendiri.  Gak percaya ya?? HEHE

Baca ya setiap detail dari tulisan ku! jangan sampai ada yang dilewatkan, kalau ada yang terlewatkan saya doakan bacanya gak selesai-selesai… hahhaha *ya ampuuuuunn nih orang maksa ameet ya…

Gini loh disaat aku sedang kehausan dan tak tertahankan dan aku tidak membawa minum dari rumah, dikantong cuma ada selembar lima ribuan, hati ini langsung terpikir si AQUA, yaa… hal pertama yang aku ingat adalah AQUA, dan hati ini gak akan berpaling kepada AQUA. Tapi naas… disaat AQUA habis hati ini langsung remuk 700 pecahan * tambah gak ketulungan yah lebay nya…heha.

Dan disaat itu sang pemilik toko hanya menyodorkan minuman dengan merek lain. Aku gak bisa terima donk, masa aku mau selingkuh dari AQUA,AQUA itu cinta pertama aku tauk.

Disaat itulah sang pemilik toko bermuram durja beberapa saat dan raut mukaku memaparkan kesedihan yang mendalam.

“Dek, sekali aja selingkuh napa??” Tanya sang pemilik toko. Aku menoleh ke abang pemilik toko.

“ Bang, selingkuh itu memang nikmat, tapi setia lebih menjamin kemurnian dan kebahagiaan yang bakal didapat oleh semua orang bang,” kata ku sambil mengeluarkan air mata buayaaaa *sssstttt diam aja ya…!!

“Jadi saya harus cari AQUA gitooooohh?” Tanya abang itu sewoot.

“Ya iya lah masak ya iya dong,mulan aja jami-lah masa jami-jamian." *ehhh salah jami-dong.

Lalu si abang berlari dengan sekencang-kencang nya ke warung grosiran terdekat, dan akupun sedikit meng-slowmotion abang yang berlari itu, ternyata sendalnya kebalik…. Hahaha….

Si abang itu kembali dan menyodorkannya padaku dengan keringat yang kering. (hahahaha...kan kering tu, keringat = kering+at).

Aku pun membuka tutup botol dengan hati riang dan dingin AQUA yang tersentuh tangan ini, dinginnya seakan menjalar disekujur tubuh dihari yang panas terik ini.

“Eeeiiittt,,, tunggu dulu!”Kata abg penjual toko menarik si AQUA.

“Apaan sih abang nih? Ganggu orang aja…”

“Sebelum minum bayar dulu dek!”

“Eh iyaaa… saya lupa,nih uangnya bang, ambil aja kembaliannya,” Kataku dengan nada senang.

“Ambil kembaliannya dari hongkong, lah AQUA emang saya kasih harga lima ribu ke adekk, kan saya sudah pake turbo kentut gajah buat ke grosiran yg jauhnya minta gledekk.”

Twewewewewenwewewngggg…….

Akupun mulai membuka tutup botol AQUA yang tak selesai aku buka gara-gara si abang jelek tadi. Aku membuka dengan hati-hati agar gak kemasukan debu, dan gak dihinggapi oleh bakteri nakal *pingsan yang baca saking lebaynya.

Ntah mengapa saat tutup botol AQUA dibuka rasanya senang berkali-kali lipat kayak habis pertama kalinya nge-golin bola ke gawang yang dijaga oleh Aderai *lah,itu bukannya atlit bayi sehat kan??
Disaat botol AQUA terbuka aku nikmati setiap tegukan kemurnian dan kesegaran yang dimiliki AQUA. Mata ini terasa berkaca-kaca *ya ampun, banyak banget beling dimata, biasanya beling diinjak2 oleh dukun nih malah dipake dimata>> laaaaahhh.

Aku pejamkan mata ini dan terus menikmati AQUA dengan kehausan yang membara laksana di Gurun Sahara. Dan tanpa aku sadari, aku membuka mata dan melihat bahwasanya orang-orang yang lalu lalang memperhatikan aku layaknya seorang dramatis yang sedang pacaran bersama AQUA, aku lihat semua membuka mulut sampai-sampai ada lalat yang masuk kedalam mulut mereka *eeeeeuuhhh....  Trus  sepintas aku ngelihat ada kakek juga memperhatikannku dan seketika gigi palsunya langsung rontok semua.

Dan tanpa aku sadari aku terus meneguk si AQUA dan habisssss…..Aku langsung kabur dan mencari celah untuk bersembunyi saking malunya. 

Ini cerita imajinasiku bagaimana ceritamu guysss…. :D :D

Kalau misalnya cerita diatas gak humor menurut kamu, mohon maaf yaaa!! hihii.... Ini cerita aku copas dari catatan fb aku, tenang Sob, ini asli hasil tulisanku....hihihi

jangan lupa follow @lailamuqaddasa di twitter yaaaahhh... hehe

Minggu, 06 Oktober 2013

Senja....

Riuh angin semakin kencang memecah keheningan sore menjadi sebuah kegembiraan yang teramat manis. Bersama adikku tersayang lagi-lagi kami bermain di atap rumah, duhh.... senangnyaa. Angin semakin ribut saja, bendera partai demokrat yang  bertulis angka 7 terbang melambai kearah timur. Kulihat di ufuk timur sana sepertinya disana telah rurun hujan. Kutatap langit, awan kelabu samakin padat menutupi cahaya senja dan menutup langit biru. Ya, sebentar lagi pasti akan turun hujan.

Baru semalam hujan turun dengan derasnya hingga membuat susana tidurku sedikit seram karena suara angin yang berdesir dan rintikan hujan yang keras. Burung-burung kulihat berkejaran berlari kian kemari,mungkin akan pulang ke sarangnya dan akan melindungi anak-anaknya. Sungguh indah memang senja kali ini, walaupun mungkin hujan akan menghapus semuanya.

Hari semakin senja saja terdengar lagi olehku lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang telah diperdengarkan oleh microfon disetiap mesjid. Sebentar lagi adzan maghrib akan berkumandang. Kulihat lagi jalanan, semakin lama semakin ramai. Ini adalah hari minggu, sepertinya jalanan penuh karena kendaraan yang lalu-lalang yang pasti baru saja menghabiskan waktu bersama kerabat di luar sana.

Hufffttt.... Papaku belum juga pulang. Sejak pagi Papa udah berangkat ke Kuansing mencari kerbau untuk Idul Adha mendatang. Kenapa harus cari kerbau sejauh itu coba? Memang ada apa dengan kerbau di kota? Ya sudahlah itu urusan Papa sebagai ketua panitia Qurban tahun ini. Mudah-mudahan apa yang Papa lakukan berkah, Aamiin ya Robb.

Hari semakin kelam, ingin rasanya tanganku ini tak berhenti menuliskan rangkaian-rangkaian kalimat untuk memuaskanhasrat menulis ini. Angin sepertinya semakin kencang, sebentar lagi hujan akan mengguyur semua yang ia lalui. kayaknya Adzan telah berkumandang, kalau begitu selamat menunaikan ibadah solat maghrib sobat :))

Pacaran, Yes or No??

Assalamualaikum Sobat,, apa kabar di hari minggu yang tenang ini?? Penat nih badan habis jaga toko yang lumayan sibuk. Sob, kali ini aku mau cerita soal cinta dan pacaran. Sobat sekalian aku yakin pasti pernah ngerasain jatuh cinta kan? Yang pastinya jatuh cinta ke lawan jenis Sob.hehehe... jangan sampai kesesama jenis,nanti dilaknat Allah tau.

Sob, aku juga pernah ngerasain itu. Yaaa... aku udah ngerasain sejak aku duduk dibangku MTs. Ya, tapi aku cuma suka-suka gitu aja. Mau tau fakta gak Sob? hehe.... Ini ciyuss loh dari akunya. Faktanya Sob, kalau aku ni belom pernah pacaran Sob ( Aaahh masa sihh?) Betul Sob, suer deh. Aku itu dari SMP sampai kuliah ni sekarang, gak pernah pacaran.

Awalnya Sob, dari masa-masa ketika MTs-MAN emang udah ada yang naksir ke aku gitu (jiiiiaaaaahh pamer) tapi Sob, di waktu itu aku hanya bisa jadi teman dia, aku gak bisa jadi GFnya karena aku tu udah anggap dia sebagai sahabat aku, dan aku gak bisa nerima dia jadi BF aku. Kalau yang di MAN nih anak luar Sob, aku emang gak bisa nerima ya karena jarak umur yang lumayan jauh terus aku juga gak kenal awalnya sama dia, cuma kenal nompang lewat aja. hihihi... Udah aah lupain!

Ya,,, ntah aku terlalu cuek atau apa, kayaknya cowok emang sukar mendekat. Apa aku gak cantik? atau inner beauty yanng kurang? Ahh, aku juga gak tahu. Tapi Alhamdulillah juga lah Sob, aku kira diatas dunia ini cuma aku sendiri yang jomblowati ternyata masih banyak temen-temen aku yang lainnya. hehehe.... (ngeeleesss...)

Kadang iri juga sih Sob, liat orang pada punya gebetan terus kita cuma bisa melongo. Kadang aku juga selalu ingat sama prinsip aku kalau misalnya aku gak mau pacaran. Ya, ketika aku MTs dulu pokoknya disekolah aku lah tiap belajar agama sampai MAN, guru agama bilang pacaran itu bukan budaya kita, itu adalah budaya barat untuk menjatuhkan harga diri dari remaja itu sendiri, karena di dalam pacaran itu banyak kemudharatan yang sangat merugikan dan dapat mempermalukan agama,bukan hanya agama yang malu, tapi keluarga dan lingkungan akan merasa resah.

Kalau dalam islam gak ada istilah pacaran, yang ada itu Taaruf yaitu saling kenal, dikenalkan ke orang tua masing-masing terus kalau merasa cocok akan ada proses lamaran yang akan dilanjutkan ke jenjang pernikahan yang lebih sakral dan halal. Itu baru mencari jodoh yang tepat, kalau sudah menikahkan enak, bukan lagi dosa yang didapat tapi pahala yang berkali lipat apalagi jika pernikahan itu dihiasi dengan amal ibadah. Subhanallah, mudah-mudahan aku termasuk kedalamnya, aamiin.

Disisi lain mungkin ada yang bilang pacaran itu perlu, katanya untuk menikah itu perlu perkenalan yang lebih dalam dan jauh. Tapi realita dan keadaan yang sering terjadi di masyarakat itu lain, kebanyakan pacaran zaman sekarang hubungannya udah kayak seperti suami istri saja. Naudzubillahimindzalik.

Kadang kalau kelamaan pacaran itulah yang banyak menimbulkan masalah bahkan perzinahanpun akan lekat kepada mereka yang menjalani. Sudah rahasia umun kalau remaja sekarang itu lebih kearah maksiatnya. Ya.... doain saja ya Sob,mudah-mudahan walaupun aku jomblo aku dapat menjadi teladan bagi yang lain, hehehehe.... Wanita itu berharga, wanita itu bagai mutiara yang disimpan dan sangat mahal. Jadi kita sebagai wanita jangan mau terpedaya sama rayuan gombal maut membahana topan badainya lelaki.

Ok Sobat?.... Kita ubah dunia dan atmosfer wanita menjadi lebih baik, terarah, maju, berkualitas, dan agamis.... AYOOO!!! Buktikan pada Allah kalau wanita bukan penghuni neraka terbanyak di Akhirat besok! Bisaaaaa?? SEMANGAAAT!!



Sabtu, 05 Oktober 2013

Corat-Coret

Dah, rasanya pengen selalu menulis, tapi kadang waktu yang sulit untuk ditentukan. Kemaren nih gak sempat nulis gitu karena jadwal kuliah yang gak padat-padat amat tapi letihnya luar biasa.... hahaha.... Sob, aku bingung nih harus aktif bagaimana? apakah aku harus aktif blogging or aktif buat diary di laptop.

Haha, pasti Sobat sekalian pada mau nanya kenapa aku buat diary di laptop? Karena kalau di latop di terjamin sob, ada passwordnya malah, jadi lebih terjaga kerahasiaannya. Soalnya di rumah aku nih tangan nya pada nakal semua, semuanya pengen tahu... Tapi disisi lain karena aku dah ingin aktif di Blogging aku malah ninggalin keseharianku bikin diary di laptop dan udah lama gak nulis lagi. Kira-kira itu bagus gak sob? hehehe... (banyak tanya yah akunya) sorry Sob.

Kadang-kadang aku juga pengen Sob, nge-post kisah-kisah bertema "Love" gitu di blog ini, tapi aku malu (jjiiiaaaahh).Yaa, kadang aku beranggapan cukup aku, teman-teman dekat dan Allah saja yang tau, gak perlu diumber-umber kepda semua orang.

Cinta,sebuah kata sarat makna yang siapa saja bisa merasakannya. yaaaa.... begitulah hidup, kalau kata penyanyi yang kalau gak salah dinyanyikan sama Saipul Jamil (koreksi kalau salah Sob) --> " Hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga, Oh begitulah kata para pujangga ". 

Betulkan Sob? Betul, betul, betul... 

Gelap Gempita dalam Kabut Malam Langit Pekanbaru

Assalamualaikum Sobat sekalian,,,, Sob, kotaku sekarang lagi dilanda krisis energi listrik yang cukup memprihatinkan. Kenapa begitu? Ya, seringnya mati lampu bergilir yang ditetapkan pemerintah Kota Pekanbaru,sedikit membuat jengkel  masyarakat apalagi masyarakat ada yang mata pencahariannya dengan pemasokan listrik, seperti toko foto copy dan toko-toko yang menggunakan energi istrik.

Krisis mati lampu ternyata juga membuat para Mahasiswa Pekanbaru geram dan menganggap pemerintah tidak tanggap terhadap problema yang terjadi di Pekanbaru dan memancing orasi Mahasiswa. Hingga orasipun terjadi dengan langkah menghidupkan lilin yang banyak sebagai bentuk kekesalan, namun ada juga Mahasiswa yang mengatasnamakan BEM mengumpulkan uang dengan tema sejuta koin untuk Pekanbaru agar Pemerintah mau menyewa genset. Hidup MAHASISWA!! yeeeeee....

Saat ini kotaku, bukan hanya dilanda krisis mati lampu, tapi juga kabut yang tidak ada henti-hentinya bertaburan dilangit. Aku raggu Sob, kalau misalnya nanti masyarakat kita banyak yang terkena kanker pernapasan karena kondisi kota yang berpolusi akibat pembakaran lahan. Ah, mudah-mudahan janganlah ya, ingat kemanapun pergi terkhusus bagi pejalan kaki dan pengendara motor, pakailah masker yaa!!

Saat ini Sob, aku lagi di atap rumahku.Yaaa biasa lah sob, rumahku kan adalah ruko jadi kalau mati lampu or kepanasan aku selalu ke atap. Hari ini langit sangat cerah, dan dari ufuk barat aku banyak melihat bintang termasuk bintang senja yang biasanya aku sebut kejora or planet Venus. Betul gak? hehehe.

Oh ya, aku juga lihat awan yang unik banget loh tadi. Awannya itu ya Sob, seperti jari manusia yang mengepalkan tangan dan jari telunjuknya berdiri. Seperti menunjukkan angka satu.Ya, aku berpikir mungkinkah ini takdirku melihat awan ini dan Allah sedang memberikan petunjuk padaku?? yaa, siapa tahu? mungkin saja Allah memberiku semangat untuk menjadi orang nomor satu, menjadi orang yang selalu pertama. Aamiin.

Lama aku perhatikan awan indah itu, mungkin juga awan itu dibentuk malaikat atas suruhan Allah. Ah, indah sekali prasangaka baikku kepada sang Pencipta. Ya robb, aku hanya ingin hidup berkah dan menjadi orang yang bertaqwa dihadapan-Mu Robb, kemudian mendapatkan kehidupan hakiki yang indah di surga-Mu. Aamiin.

Walaupun mati lampu, aku senang bisa menikmati langit bersama keluargaku di atap rumah, tapi ada sayangnya Sob, kali ini kabut datang lagi. Kabut ini ibarat dibunuh satu malah tumbuh seribu, pemerintah kota udah banyak melakukan sesuatu agar kabut bisa menipis atau menghilang, tapi tetap aja kabut itu selalu datang yang aku gak tau ntah dari mana kabut itu datang.

Ntah kenapa juga hari ini aku kurang semangat. Harus semangaat!! ya kan?? SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT. Aku akan berusaha membuat gebrakan baru yang membuat heboh.... hahaha...


Jumat, 04 Oktober 2013

Kriteria Calon Pemimpin yang Saya Inginkan untuk Indonesia

Kriteria calon pemimpin? yaaa... kali ini saya akan mengusung topik tentang pemimpin kita terkhusus di Indonesia negara yang kita cintai, negara tempat kelahiran kita. Suatu negara tidak akan pernah berdiri jika tidak pmempunyai pemimpin terkhusus Presiden.

Presiden adalah orang yang memimpin suatu negara dan harus bertanggung sepenuhnya untuk negara dan rakyatnya. Setiap manusia pada dasarnya adalah pemimpin, namun memimpin dalam konteks lain.  Yang paling penting adalah kita dapat memimpin diri kita sendiri dahulu baru orang lain.

Tahukah kita bahwasanya zaman sekarang banyak sekali orang yang berlomba-lomba ingin menjadi pemimpin. Sebenarnya apa yang mereka kejar? mereka rela menghabiskan banyak uang untuk memikat hati rakyat agar mau memilihnya. Ya,mungkin uang yang mereka keluarkan tidak seberapa bagi mereka, karena sebagian dari mereka yang ingin menjadi pemimpin zaman sekarang adalah orang-orang kaya yang mungkin hartanya tidak akan habis lebih dari tujuh turunan.

Yang sering saya tanyakan, Apakah mereka tahu kriteria pemimpin yang diinginkan rakyat untuk nya? saya rasa mereka yang akan jadi calon pemimpin tidak tahu, tidak tahu dalam konteks luas. Sebagian besar mereka hanya tahu bahwa saat ini rakyat ingin pemimpin yang dapat merubah perekonomian bangsa agar kebutuhan pokok semakin murah. terjangkau, maju dan berkualitas.

Sebelumnya saya ingin membawa kita semua ke daerah timur seperti Pakistan, Irak, Mesir,  Argentina, Palestina, dan lain-lain. Itu semua adalah salah satu dari negara dengan peradaban islam tertinggi yang saat ini hampir terombang ambing gara-gara hasutan dan ikut campurnya dunia barat terhadap konflik yang ada di masing-masing negara tersebut. Sehingga apa? sehingga negara tersebut terpecah belah dan sering terjadi genjatan senjata. Kita lihat pemimpin mereka! Pemimpin mereka juga bukan sembarang pemimpin, pemimpin mereka adalah orang-orang yang hebat di bidangnya, ditambah lagi pemimpin atau presiden mereka ada yang seorang Hafizh atau penghapal Al-Quran. Dan sekarang coba kita lihat lagi! Apa yang membuat mereka hancur sampai-sampai rakyat tak bersalah ikut menjadi korban? siapa lagi kalau bukan dunia bagian barat.

Barat pasti akan terus berupaya membuat islam semakin jatuh dan jatuh dan tak tertutup kemungkinan, sebentar lagi dunia barat pasti akan melirik Asia Tenggara sebagai target untuk dihancurkan terkhusus Indonesia, Brunai, ataupun Malaysia. Kalau sudah begini siapa lagi   yang dapat mempertahankan kita, kalau bukan pemimpin kita dan kita rakyatnya?

Kita lihat lagi! Sedangkan negara yang pemimpin nya seorang penghapal Al-Quran dan dikenal jujur orangnya, masih saja dapat jatuh, apalagi negara kita ini yang pemimpinnya sama sekali tidak hapal satu juz ayat Al-Quranpun.  Pasti negara ini akan dicari titik lemahnya kemuadian dihancurkan sehancur-hancurnya oleh negara bagian barat itu.

Jadi berlomba-lombalah dalam kebaikan. Yang saya inginkan calon presiden RI 2014/2015 itu adalah seorang penghapal Al-Quran, bukan saja hanya pintar dan berpendidikan tinggi, tapi harus benar-benar ahli di bidang kepemimpinan dan pemerintahan. Kalau ingin menjadi pemimpin, Jadilah pemimpin yang agamis, mengayomi, tak cukup hanya baik didepan rakyat. Kriteria ini gak terkhusus untuk presiden saja, tapi untuk semua pemimpin dalam bidang apapun. Rakyat pasti kengen dan rindu ingin memiliki pemimpin yang seperti itu. Ingat,menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. malah menjadi pemimpin itu sangat dekat dengan neraka. Karena tidak tertutup kemungkinan kita  dapat terjebak kedalam lembah dosa. Makanya kita perlu pemimpin yang agamis.

Boleh saja menjadi pemimpin, tapi harus selalu ingat akan semua tanggung jawab dan tegakkan agama, khususnya islam. Karena setiap tanggung jawab yang tidak dikerjakan akan diminta pertanggung jawaban pula dari Allah. Terus yang saya harapkan lagi, Presiden yang akan datang jangan hanya pandai ambil muka di depan rakyat, apalagi telah banyak media-media yang dapat membuat orang semakin famouse baik itu di televisi, dunia maya, dll. Jadi pemimpin itu setidaknya berusaha memiliki sifat pemimpin seperti yang Nabi kita contohkan, saya rasa setiap pemimpin punya basic dengan itu.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Shad: 26 yang berbunyi :

يَا دَاوُودُ إِنَّا جَعَلْنَاكَ خَلِيفَةً فِي الْأَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَضِلُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ بِمَا نَسُوا يَوْمَ الْحِسَابِ
Artinya: Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.

Nah,itu dia firman Allah agar khalifah atau pemimpin itu harus adil dan tidak boleh mengikuti hawa nafsu. Karena balasannya kalau seorang pemimpin itu melanggarnya maka akan mendapat siksa dari Alah yang amat pedih. Makanya, kalau ingin menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang benar-benar mengayomi dan pastinya dapat menjadi teladan. Biasanya sikap dan sifat pemimpin dapat tercermin kepada rakyatnya. Kalau baik pemimpinnya makan baik pula rakyatnya, maka apabila buruk pemimpinnya apalagi aqidah dan agamanya yang hanya islam KTP alias baik dimuka saja, siap-siap akan turunnya azab dan jabatan itu akan lengser karena dicabut oleh Allah.















Selamat jalan Nenek :'(

Innalillahi wa innailaihi rojiun. Itu adalah penggalan kalimat dari surat Al-Baqoroh:154 dengan arti sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali. Sungguh suatu bacaan yang penuh makna, ayat ini sering sekali kita lontarkan apabila kita mendapat cobaan ataupun ujian dari sang pencipta termasuk ketika adanya kematian.

Mau curhat Sob, sedih banget nih... kemaren tanggal 1 Oktober, nenek aku tercinta telah berpulang ke Rahmatullah mendahului kami tepatnya jam setengah empat sore hari. Nenek telah ikut menyusul Atuk yang meninggal 3 tahun lalu tepatnya di tanggal 13 Oktober. Sedih memang, karena ini adalah kejadian mendadak. 

Kata Tek Nis, sebelum meninggal Nenek sempat makan siang dulu dengan pisang sebanyak dua buah, emang gak biasanya Nenek makan pisang bisa sampai sebanyak itu. Setelah makan tiba-tiba saja Nenek tercekik batuk dan seketika Tek Nis mengangkat badan Nenek untuk  didudukkan agar menghilangkan rasa tercekik Nenek. Seketika Nenek pingsan. Tek Nis yang panik langsung berlari ke rumah Etek aku yang bernama Bulek Srik. Ketika Tek Nis dan Bulek sampai lagi kerumah nenek, nenek udah pucat pasi, dan saat itulah ternyata nenek telah meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Agak nyesal memang, Tek Nis gak tanggap karena sebelum meninggal nenek belum sempat membaca syahadat. Tapi alhamdulillah, nenek tidak mengalami sakaratul maut, istilahnya nenek seperti meninggal dengan baik. Sepertinya pada saat tercekik ketika makan itulah nyawa nenek diambil oleh Allah. Terima kasih ya Allah, engkau permudah nenekku ketika menjalani sakaratul maut.

Untuk nenek, semoga nenek diberikan tempat yang baik oleh Allah, dilapangkan kuburnya dan mudah-mudahan kelak kita semua akan dipertemukan Allah di surga-Nya kelak. Aamiin. Maafin Laila tadi yang gak sempat mengantar nenek ke liang lahat dan menyolati nenek. Tapi Laila senang, Laila bisa mencium wajah nenek sebelum disolatkan :'(

Allah berfirman


قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
“Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kalian lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kalian, kemudian kalian akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia memberitahukan kepada kalian apa yang telah kalian kerjakan”. (Surat Al Jumu`ah: 8).


Kamis, 03 Oktober 2013

Para Koruptor, Bertobatlah! dan buat gerakan yang lebih maju untuk Indonesia!

Korupsi, apa yang sobat bayangkan jika kata ini terlontar? ya... segala bentuk imajinasi sobat akan keluar kalau berbicara mengenai korupsi or koruptor. Mungkin sobat bakal bilang, "akan kubunuh ia" ; "hukum mati saya koruptor itu"; dan lain sebagainya. Ah, sungguh gila uang negara ini, sampai mana sih batas uang itu agar manusia puas? 

Dari pejabat tetinggi hingga terendah melakukan korupsi untuk memuaskan nafsu dan keinginan pribadi dia semata. Apakah orang yang korupsi di negara kita di Indonesia ini gak punya agama? apakah mereka gak pernah dididik dengan agama? apa gunanya mereka beragama islam kalau hanya mampu memermalukan seluruh saudaranya. Sob, kita umat muslim di dunia ini bersaudara, kalau buruk salah satu diantaranya, maka ikut buruk pulalah yang lainnya. Kita ini ibarat satu tiang.

Sesak rasanya kalau dengar ada pejabat yang korupsi, padahal bukti mengarah kedia tapi dianya masih gak jujur dan gk mau ngaku. Aaaissshh.... ungguh di luar nalar sifat pemimpin kita zaman sekarang. Apakah ini tanda-tanda kiamat hampir dekat? Pak petinggi,jangan lah sengsarakan kami, kami selalu menunaikan tanggung jawab sebagai rakyat, tapi kaliannya gak punya hati terhadap rakyatnya. Kami memilih engkap karena kami percaya engkau bakal bisa melakukan perubahan maju agar kita bisa hidup sejahtera bukan mengisi perut sendiri.

Para pejabat, aku penasaran berapa sih gaji mereka perbulan yang pada korupsi itu? banyak kan? apa mereka gak puas uang dari gaji mereka? apa karena hanya ingin membeli mobil sport mewah dan rumah bagaikan istana mereka rela memakan uang rakyat yang itu saja hampir mati mencarinya? sungguh miris memang, gak semua yang ada di duinia ini harus diikuti, semua ada jalur dan batas masing-masing, kalau kita ingin ya berusaha, tapi bukan berusaha korupsikan uang negara.

Aku pernah berkhayal, kalau misalnya aku jadi pejabat tinggi baik tingkat daerah ataupun nasional, aku pengen menjadi pejabat yang beragama, memegang teguh pendirian berdasarkan Quran dan Hadist, aku pengen menjadi pejabat yang seperti itu, apakah mereka gak pengen menjadi pejabat yang seperti itu? setidaknya niat sajalah, biasanya kalau kata guru agama saya di MAN, sekecil apapun niat jika itu baik, pasti akan diaminkan malaikat di samping kita. Bisa sajakan Allah mengabulkan niat itu?

Saya ingin bertanya, adakah orang jujur yang akhirnya hidup tragis? kalau ada berikan dan tunjukkan sama saya, setiap kejujuran itu adalah buah kebaikan,jika seseorang selalu jujur, hidupnya damai. seperti Nabi kita Muhammad SAW yang dijuluki Al-Amin karena kejujurannya. Sifat jujur itu adalah tiangnya agama dan dunia. Kehidupan dunia tidak akan pernah baik kalau diisi dengan pengkhianatan dan curang.
Allah berfirman:



وَالَّذِي جَاءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهِ أُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ



                          لَهُمْ مَا يَشَاءُونَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ
Artinya.: "Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan orang yang membenarkannya, merekan itulah orang-orang yanng bertaqwa. Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Robb mereka. Demikianlah balasan bagi orang-orang yang berbuat baik". [Az-Zumar: 33-34].

Apalagi yang kurang? Ayat itu adalah janji Allah yang tidak akan Allah ingkari! Kalau kita percaya maka terjadilah. Mereka yang tak percaya dan asyik dengan dunianya sendiri dan orang yang tak mau menegakkan agamanya diatas segala-galanya  itulah orang yang merugi seperti para koruptor.

Tak berpikirkah mereka uang hasil korupsi mereka sebenarnya bisa membangkitkan sedikit demi sedikit negara ini jika dikelola dengan baik bagi yang berwenang. Setidaknya uang yang bertriliunan itu bisa membuat tempat rehabilitasi bagi mereka anak-anak preman, anak jalanan, gepeng atau apapun agar mereka lebih terarah, lebih hidup, lebih beragama dan berpikir setidaknya selangkah lebih maju. Kalau mereka telah memiliki tempat yang baik dan diberikan pekerjaan yang layak, pikirkan perubahan besar apa yang akan terjadi di negara kita ini?  Tak malukah dengan gelar negara terkorupsi di dunia? tak malukah? atau kah malah bangga?

Aku tak tahu apa yang dipikirkan para koruptor, yang ku tahu mereka hanya bisa mengisi perutnya yang semakin lama semakin membuncit, atau mungkin mereka tak sadar kalau uang hasil korupsi itu telah dimakan oleh anak istrinya dan telah mengalir darah haram yang akan terus berlanjut dari generasi ke generasi.

Saya malu dengan pemimpin saya, saya malu dengan negara saya, saya malu kepada Tuhan saya, kenapa? karena saya tak sanggup mengatakan "berhenti korupsi" didepan muka koruptor itu. Mungkin mereka para koruptor akan bilang, "kamu bisa mengatakan seperti itu kepada kami, tapi jika kamu berada ditempat kami mungkin kamu akan sama seperti kami". Heellloooooowww.... jangan samakan aku dengan anda ya pak koruptor, kamu ya kamu, hati setiap orang itu beda. Aku ingin memajukan agama yang telah lahir dan tumbuh sejak aku didalam kandungan. Aku berniat tak akan mempermalukan diriku di depan Tuhan ku yaitu Allah, aku tak ingin membuat saudaraku dan para nabi/rasul menangis disana karena melihat tingkah kesetananku. Aku ingin membuat semua yang ada di hidupku bangga kepadaku.

Tolong! jangan rakus lagi, kami capek, lelah, kami hanya ingin kedamaian, kebersamaan, kebutuhan saling tercukupi dan tak ada lagi perdebatan. Tolong kunci rapat pintu korupsi, jangan sampai kita memasukinya. Sungguh berat siksaan Allah bagi pemimpin atau pun pejabat yang tak bertanggung jawab pada apa yang diamanahkan kepadanya.

Rasulullah memberikan penegasan sanksi kepada para pemimpin yang zalim termasuk koruptor itu. Dalam Shahih bukhari Muslim 

Rasulullah bersabda," Tidaklah ada seorang hamba yang Allah beri kepercayaan untuk memimpin, kemudian pada saat matinya dia berada dalam (keadaan) melakukan penipuan trhadap rakyatnya, kecuali akan diharamkan atasnya untuk masuk syurga."

Terus, tak takutkah koruptor atas larangan Allah, apa hukumannya bagi mereka yang zalim terhadapa rakyatnya? Lihat hadist diatas lagi! Surga haram atasnya! bererti mereka yang koruptor haram masuk surganya Allah. Tak takutkah mereka?? atau mereka beranggapan akan hidup selama-lamanya?
Naudzubillahi min dzalik.... Semoga kita bukan termasuk orang yang diharamkan Allah surganya. Kita hidup di dunia yang sementara, kehidupan hakiki ada di akhirat. Kitalah yang menentukan masuk neraka atau surganya Allah.


Semua belum terlambat. Anggap ini hanya ujian dan buat perubahan lebih baik dan maju!!

Selasa, 01 Oktober 2013

Sahabat Baikku

Kali ini aku juga mau tambah lagi menceritakan kepada dunia kalau aku juga punya banyak sahabat yang aku cintai, dan mudah mudahan mereka juga mencintaiku.

Yaa... aku punya sahabat yang selalu berada disisi ketika berada di sekolah yaitu di kelas aku ESOLOVA tercinta. Sekolah adalah tempat kedua aku setelah rumah, dari jam 6 pagi aku sudah berangkat kesekolah dan kembali kerumah pada sore hari jam 5. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi keakraban kami yang telah dua tahun bersama dan berjuang bersama dalam menempuh pendidikan.

Sahabat yang paling dekat dengan aku ada yang bernama Annisa Nurdini yang arti dari namanya adalah wanita cahaya agama. Luar biasa bukan arti dari namanya? aku sering memanggilnya Nurdin kadang-kadang Nurdin M Top, itu loh, salah satu nama orang yang lagi booming ketika bom Bali. ahahhaha... 

Aku suka suaranya yang cempreng yang rada dipaksakan keluarnya. Nurdin anak yang pintar menurut aku, aaaahhh aku rasa semua teman aku adalah orang yang pandai dan pintar. Pokoknya Nurdin ini anak yang pintar, dia selalu duduk di bangku depan aku. Seorang gadis berkaca mata namun tak terlalu gendut, hanya big, just big. Im sorry Nur,,, hehehe... 

Nurdin adalah salah satu sobat aku yang setia mengajari aku ketika aku tidak mengerti dalam pelajaran yang sifatnya seperti menghitung alias matematika, kimia, fisika. Seorang Nurdin yang selalu bisa memotivasi dirinya sendiri untuk bisa bangkit dan terus bangkit dari kesusahan apapun bentuk kesuahan itu. Aku diam-diam banyak belajar dan ingin menjadi pribadi sepertinya. Seorang sahabat yang humoris kadang bikin serem. hehehe...

Terus aku juga punya sahabat dekat yaitu Novi Nur-aini, atri dari namanya kalau gak salah Novi adalah yang lahir pada bulan November dan Nur'aini artinya mata cahaya. Gadis kecil yang pintar banget bahasa Arab, dia lah sosok yang dikenal di kelas karena pandai dalam bahasa Arab. Novi sapaannya, adalah teman sebangku aku yang lebih sering aku jahilin dan aku buat repot. Dia yanng selalu negur aku kalau aku ketiduran, dia selalu yang negur aku kalau gak mau mencatat apa yang ada di papan tulis. Dia itu suka ingatin aku buat kebaikan.

Nurdin dan Novi sosok gadis sahabatku yang selalu setia membantuku dan mendengarkan segala keluhanku. Mereka yang selalu support aku untuk belajar dengan rajin. Aku masih teringat ketika jam istirahat mereka aku ambil buat ngajarin aku yang gak ngerti dalam pelajaran hitung-menghitung. Mereka rela membantuku agar aku bisa pandai dan dapat nilai yang bagu, padahal mereka gak mendapatkan apa-apa dariku dan tak meminta pamrih padaku. Kalau gakada mereka, ntah seperti apa nilai akademik aku disekolah. Sungguh mereka adalh teman sekaligus sahabat aku yang perfect abis.

Sebenarnya banyak lagi sahabat-sahabat aku yang selalu baik hati kepadaku selama di kelas. Ada yang namanya Inas Nabilah, Indah Yasintia, Mutia Rahmasari, Ayu komaladewi, Nurfitriani,Anna Prima Putri, Aisyah Zumira => nenek kami dikelas, dan banyak temen aku yang lainnya yanng pandai-pandai semua, yang semuanya saling support untuk dapat lulus bersama-sama dan meraih kesuksesan bersama-sama. I love my friendship. :*...

Ini ada beberapa foto aku bersama beberapa teman-teman.


Ini dari kiri Nurdin, Novi, dan aku.


Ketika khatam Quran ini guys... Dari kanan aku, Nurfitriani yang biasa aku 
panggil Apit, terus disamping apit ada Anna


Ini ketika kami perpisahan sekolah di M2M.
Dari kanan ada Mutia, Nurdin, Aisyah, aku, Novi, dan Anna.


Disini dari kiri ada Nurdin, Indah si jago Matematika, Novi, dan Inas. 


Nah ini foto ekslusif dari kanan ada Novi, aku yang jilbab kuning, dan Nurdin.


Itu dia cerita aku bersama sahabtku. Bagaimana ceritamu? Aku bersyukur pada Allah yang telah memberiku sahabat seperti mereka. Mereka adalah kenangan yang tak terlupakan dalam hidupku. Aku kangen kalian. Walaupun sekarang kita berjauhan dengan niat jihad dalam menempuh pendidikan. Aku harap kelak ketika kita bertemu kita akan saling menceritakan kesuksesan kita masing-masing dan bernostalgia bersama lagi. Aku kangen duduk sebangku sama kalian, soooo muchh...